ncsurety – web informasi

ncsurety – web informasi

Mengenal Mesin Laser untuk Pemula

Proses pemotongan maupun pembuatan pola dengan laser memanfaatkan sinar laser yang kuat. Dengan hasil yang sangat memuaskan tentu semakin banyak yang memanfaatkan mesin berteknologi laser.

Macam-macam Mesin Laser

Berikut adalah beberapa macam mesin laser yang sering dimanfaatkan.

1. Laser CO2

Biasanya pengguna laser ini memanfaatkannya untuk memotong dan memahat. Materialnya bisa berupa logam maupun non logam.

2. Laser YAG

Laser YAG biasa disebut laser kristal. Hasil akhir dari penggunaan laser YAG ini memiliki ketajaman yang tinggi dan detail yang halus. Cocok untuk material logam atau plastik.

3. Laser Fiber

Laser fiber bisa digunakan untuk material berbahan logam seperti stainless steel dan aluminium. Laser ini memiliki tingkat ketajaman yang sangat tinggi.

Cek Juga: Laser Cutting Besi

Nama Bagian-bagian Mesin Laser

Dalam sebuah mesin laser ada banyak komponen penyusun. Semuanya memiliki peran masing-masing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Mesin utama atau host

Mesin utama memiliki peran yang penting atas pergerakan sumbu X, Y dan Z. Serta berperan dalam proses untuk memotong material.

2. Generator laser

Merupakan bagian yang menghasilkan sinar laser untuk proses cutting. Sebagian besar pihak menggunakan laser CO2 dengan output daya dan efisiensi yang tinggi.

3. Lensa laser

Bagian yang mengarahkan jalur sinar laser sesuai keinginan. Sebaiknya lensa laser ditutup dengan pelindung khusus agar jalur tidak terganggu dan lensa tidak tercemar.

4. Sistem CNC

Merupakan bagian untuk mengatur sumbu yang bergerak. Serta untuk mengatur sinar laser agar arahnya tidak keluar dari jalur.

5. Power supply

Bagian ini memiliki fungsi untuk mencegah adanya gangguan jaringan daya dari luar. Juga berfungsi sebagai penghubung antara alat laser, alat pemotong, dan sistem penyedia daya.

Lihat Juga: Spare Part Mesin Laser

6. Kepala pemotong laser

Nozzle, lensa laser dan sensor pengarah merupakan komponen penyusun bagian ini. Berfungsi untuk mengarahkan pemotong sepanjang arah sumbu Z.

7. Panel kontrol

Berfungsi untuk memantau dan mengontrol semua kegiatan pemotongan. Tujuannya agar sesuai dengan keinginan.

8. Motor penggerak

Untuk kepentingan memotong dan mengukir bisa menggunakan stepper motor. Sedangkan untuk kepentingan industri berskala besar bisa menggunakan servo motor.

9. Chiller

Cara kerja dari laser adalah dengan mengubah listrik menjadi cahaya yang dapat membuat mesin panas. Chiller menghasilkan air pendingin untuk membuat generator tetap dingin dan mesin bekerja dengan baik.

Kunjungi Juga: Mesin Laser Cutting

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.