Cara Menjaga Dapur Komersial Terorganisir dan Bersih

Dengan perubahan pedoman terkait COVID-19 dari otoritas lokal dan negara bagian dan organisasi federal termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekarang adalah saat yang tepat bagi semua jenis restoran untuk mengevaluasi kembali cara mereka mengatur, membersihkan, dan mensanitasi restoran mereka. dapur komersial. Sebagai mesin utama operasi restoran, dapur harus dijaga dengan baik dan berjalan dengan lancar. Yang terpenting, memiliki prosedur pembersihan dan disinfektan yang ketat dan konsisten adalah suatu keharusan untuk menjaga keselamatan karyawan dan pelanggan. Apakah Anda menjalankan toko roti, restoran gourmet, atau dapur industri besar, ada prosedur dasar yang harus diikuti yang akan membuat dapur Anda beroperasi dengan baik.

Buat Rencana dan Daftar Periksa

Seperti semua bidang utama bisnis kecil, rencana dan daftar periksa prosedur dan langkah yang ditetapkan diperlukan untuk menjaga staf tetap teratur. Pembersihan dan pemeliharaan dapur sangat penting untuk operasi sehari-hari. Ada berbagai macam tugas yang harus dilakukan sepanjang hari dan sepanjang tahun, termasuk proses pembersihan terperinci dan pemeliharaan peralatan. Daftar periksa perawatan yang lengkap dapat dibagi berdasarkan tugas-tugas penting yang harus dilakukan setiap hari, seperti mencuci peralatan, membersihkan dan mendisinfeksi permukaan, dan mengepel lantai; mingguan – memeriksa inventaris dan peralatan deep cleaning, dan bulanan – menganalisis item menu dan pemeliharaan peralatan. Menggunakan daftar periksa tercetak atau aplikasi yang komprehensif akan membantu memastikan semua tugas diselesaikan dan menjaga staf tetap pada jalurnya.

Cek Juga: Sewa Dapur

Atur Workstation Terpisah

Baik itu memotong produk dan menyiapkan bahan mentah atau membersihkan piring dan peralatan, setiap langkah dalam proses dapur harus sesuai dengan tempat kerjanya sendiri. Pemisahan ini memfasilitasi pengaturan yang lebih baik dari persiapan makanan dan prosedur pembersihan khusus yang akan membantu menjaga praktik sanitasi dan melindungi dari kontaminasi silang.

  • Area Persiapan: Digunakan untuk memotong, menyiapkan, dan mengasinkan, stasiun kerja ini umumnya merupakan langkah pertama dalam proses dapur dan tempat penyimpanan barang-barang yang sering digunakan. Penting untuk menyimpan semua bahan berlabel dan terorganisir dengan baik setiap saat, dengan barang-barang yang sering digunakan dalam jangkauan dekat. Karena area ini juga sering merupakan area multi guna, menjaga kebersihan area dan semua peralatan persiapan makanan sangat penting untuk menghindari kontaminasi silang. Countertops, meja persiapan, talenan, dan peralatan harus dibersihkan dan didesinfeksi sepanjang hari.
  • Area Memasak: Lemak, minyak, kotoran, dan karbon yang merupakan produk sampingan normal dari memasak di dapur membuatnya sangat penting untuk menjaga kebersihan dan sanitasi. Penggorengan, pemanggang, wajan, oven, dan kompor harus dibersihkan setiap hari, dan dibersihkan seminggu sekali. Lemak dapat menumpuk di dapur dengan cepat, terutama jika tidak dibersihkan secara teratur. Untuk pembersihan kotoran dan penumpukan berminyak yang mudah dan cepat, produk seperti tisu pembersih multi-permukaan sekali pakai dapat memfasilitasi pembersihan tugas berat dan penghilangan gemuk di akhir shift.
  • Refrigeration/Freezer: Kulkas dan freezer kemungkinan merupakan peralatan yang paling sering digunakan di dapur komersial dan menjaganya tetap bersih, teratur, dan dalam kondisi kerja sangat penting untuk menjaga makanan tetap aman untuk dikonsumsi. Memberi label pada semua makanan, terutama makanan yang mudah rusak dan peka terhadap suhu, dengan jenis makanan, tanggal penyimpanan, dan tanggal kedaluwarsa akan membantu menghindari kontaminasi silang, dan mengurangi limbah. Barang yang mudah rusak juga harus mudah diakses dan diatur dengan cara yang mengedepankan metode masuk pertama, keluar pertama. Bagian dalam dan luar lemari es dan freezer harus dibersihkan secara teratur menggunakan sabun dan air atau produk pembersih multi-permukaan. Lemari es, pendingin, atau freezer yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan nilai yang buruk dari pemeriksa kesehatan serta ketegangan yang tidak semestinya, konsumsi energi yang berlebihan, dan kemungkinan kegagalan fungsi.
  • Area Pencucian Piring/Pembersihan: Stasiun bussing dan pencuci piring harus sebersih dan teratur seperti dapur lainnya. Piring dan peralatan pelanggan harus dicuci segera setelah mereka masuk dan menyimpan area terpisah untuk mengeringkan piring. Saluran air, bak cuci, keran, tempat cuci, dan lantai perlu dibersihkan dan dirawat secara teratur. Area penyimpanan persediaan pembersih juga harus diatur dengan baik dengan stok dan inventaris diperbarui, dan instruksi serta proses diposting.

Latih dan Perkuat Prosedur

Untuk sebagian besar area di dapur, ada tiga langkah utama yang harus diikuti: membersihkan permukaan kontak makanan dari kotoran visual, membilas area tersebut dengan air minum, dan terakhir, membersihkan permukaan dengan semprotan pembersih tanpa bilas atau tisu multi-permukaan. Semua staf di dapur perlu dilatih tentang prosedur dan frekuensi pembersihan dan disinfektan yang tepat, termasuk mengetahui instruksi khusus untuk setiap produk yang digunakan. Manajemen harus memasang tanda yang merinci langkah-langkah dan protokol, serta memantau dan memperkuatnya secara teratur.

Latihan FIFO

Terakhir, setiap dapur komersial harus menggunakan metode masuk pertama, keluar pertama (FIFO), sistem manajemen inventaris yang memastikan barang yang Anda beli atau siapkan terlebih dahulu juga merupakan barang yang Anda jual atau layani terlebih dahulu. Di dapur, ini berarti memanfaatkan semua makanan tertua terlebih dahulu agar tidak rusak dan terbuang percuma. Makanan yang diberi label dan diatur dengan benar akan membantu staf dapur mengetahui makanan apa yang harus digunakan dan kapan tanggal kedaluwarsa sudah dekat. Sistem manajemen inventaris terkomputerisasi juga dapat membantu dalam melacak dan mengatur penggunaan makanan, pemesanan, penyimpanan, dan penganggaran.

Pembersihan, sanitasi, dan pengaturan selalu menjadi elemen penting dalam pengaturan makanan komersial, terlepas dari jenis atau ukurannya. Elemen-elemen ini tidak hanya memengaruhi laba restoran atau perusahaan makanan, tetapi juga penting untuk keamanan makanan dan menjaga kesehatan staf dan pelanggan.

Kunjungi Juga: Ghost Kitchen

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *