Tips Merawat Kaki Palsu Yang Benar

Tips Merawat Kaki Palsu Yang Benar

ncsurety – Kaki palsu merupakan alat yang digunakan untuk menggantikan peran kaki yang hilang atau stigma implikasi beraneka penyebab, layaknya penyakit, kecelakaan, amputasi, atau stigma bawaan lahir. Pemakaian kaki palsu ini diharapkan sanggup memudahkan seseorang didalam menjalankan kesibukan sehari-hari secara berdikari.

Pertumbuhan teknologi turut merubah global medis, terhitung di bidang terapi okupasi. Tidak benar satu aspek vital terapi okupasi terhadap pasien yang kehilangan anggota mobilitas tubuh adalah pembuatan dan pemasangan alat mobilitas tubuh prostetik, layaknya tangan atau kaki palsu.

Pemanfaatan alat bantu ini miliki peran berarti, supaya pasien yang kehilangan anggota mobilitas tubuh aslinya mampu beraktivitas dan bekerja bersama baik dan juga hidup lebih berdikari. Tapi, supaya alat bantu ini mampu berguna secara optimal, para pengguna kaki palsu wajib jelas cara merawat kaki palsu bersama baik dan sahih.

Proses Pemasangan Kaki Palsu

Proses pemilihan dan pemasangan kaki palsu dijalankan di tempat tinggal sakit oleh team rehabilitasi yang terdiri berasal dari dokter spesialis pengetahuan kedokteran fisik dan rehabilitasi (Sp. Kfr) dan juga pakar pembuat anggota tubuh palsu (Prostesis).

Biasanya pemasangan kaki palsu ditunaikan sebagian minggu sehabis operasi amputasi, tergantung terhadap keadaan kaki, luka, dan proses penyembuhan pascaoperasi.

Sebelum kaki palsu terpasang, tersedia sebagian proses yang wajib ditunaikan, antara lain:

  • Memastikan suasana kebugaran area kurang lebih kaki
  • Mengukur stump atau bagian pangkal yang akan dipasang kaki palsu, sehingga ukuran kaki palsu sementara bersama ukuran tubuh pasien
  • Sebabkan cetakan kaki berasal dari plester
  • Mendesain soket atau penyangga, sehingga pasien merasa lebih nyaman
  • Memberi tambahan poros terhadap calon kaki palsu
  • Memperindah calon kaki palsu sehingga disesuaikan bersama keindahan tubuh

Tepat sebelum pemasangan kaki palsu, biasanya akan dijalankan desensitisasi terhadap kulit di kurang lebih stump. Desensitisasi adalah proses untuk kurangi taraf sensitivitas kulit di lebih kurang stump, sehingga kaki palsu mampu lebih nyaman dipakai.

Proses desensitisasi dilaksanakan sebagai berikut:

  • Kulit yang menutupi stump ditekan-tekan mengenakan kain yang lembut.
  • Stump dibalut mengenakan perban untuk kurangi pembengkakan dan menghindar penumpukan cairan di lebih kurang stump.
  • Kulit di kira-kira tulang ditarik dan digosok perlahan-huma untuk menghindari terbentuknya jaringan parut yang hiperbola.

Untuk membiasakan diri bersama kaki palsu sekaligus memperkuat otot-otot yang tersisa, biasanya pasien wajib meniti fisioterapi dan serangkaian program latihan fisik. Lewat program ini, dokter dan pakar fisioterapi dapat menopang Kamu untuk terbiasa kenakan kaki palsu dan sanggup beraktivitas bersama lebih nyaman.

Tips Merawat Kaki Palsu

Sehingga kaki palsu sanggup lebih nyaman digunakan dan bermanfaat bersama dengan optimal, vital bagi para pengguna alat bantu ini untuk merawat kaki palsunya bersama tepat.

Berikut adalah sebagian cara merawat kaki palsu yang mesti diterapkan tiap-tiap hari:

  • Tanggal kaki palsu selagi akan tidur dan periksa kaki palsu untuk memastikan bukan tersedia bagian yang rusak atau longgar.
  • Periksa bagian pangkal kaki atau stump untuk memastikan bukan adanya iritasi, luka, atau infeksi. Bila harus, mintalah pemberian orang lain untuk turut memeriksa tersedia atau tidaknya luka terhadap kulit di kurang lebih stump.
  • Bersihkan stump, lalu pijat kulit perlahan-huma memakai losion.
  • Balut stump kenakan perban ketika tengah bukan memakai kaki palsu untuk kurangi pembengkakan.
  • Jalankan latihan untuk menopang energi tahan, rentang mobilitas, posisi tubuh, dan peregangan, disesuaikan bersama arahan berasal dari fisioterapis atau dokter.
  • Pilih sepatu yang selagi dan hindari mengubah tinggi hak sepatu.
  • Mengenakan kaus kaki yang kering dan higienis tiap menggunakan kaki palsu.
  • Bersihkan soket kenakan sabun secara teratur.

Tak sekedar tersebut, sehingga kaki palsu konsisten disesuaikan bersama dengan ukuran tubuh dan nyaman dipakai, para pengguna kaki palsu juga wajib mempertahankan berat badan ideal.

Untuk memastikan kaki palsu masih layak dan berguna bersama dengan baik, Kamu disarankan untuk memeriksakan kaki palsu terhadap pakar prostetis atau ke dokter pakar rehabilitasi medik secara rutin, minimal setahun sekali.

Jikalau Kamu mengalami kasus selama pemanfaatan kaki palsu, misalnya berjalan infeksi, ukuran kaki palsu bukan selagi atau kaki palsu terasa tidak cukup nyaman dipakai, sebaiknya Kamu langsung berkonsultasi ke dokter.

Sumber:

https://aiiner.com/

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *