Cara Mendapatkan Kulit Bersih Dengan Cepat

Banyak orang merasa kesulitan untuk mendapatkan kulit yang bersih. Metode untuk mendapatkan kulit yang bersih sangat bervariasi, tergantung pada jenis kulit orang tersebut. Pada umumnya orang yang berkutat dengan jerawat atau noda memiliki kulit yang kering, berminyak, atau kombinasi keduanya.

Ada banyak tips perawatan kulit untuk jenis kulit yang berbeda, dan ada juga tips umum yang bisa dicoba orang. Siapa pun yang tidak yakin tentang rutinitas perawatan kulit mereka harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk saran tambahan.

Orang mungkin ingin mencoba tips umum ini untuk mendapatkan kulit yang bersih dengan cepat.

Hindari memencet jerawat

Jerawat menunjukkan minyak, sebum, dan bakteri yang terperangkap. Ini juga merupakan tanda bahwa mekanisme penyembuhan alami tubuh sedang bekerja.

Memencet jerawat mengganggu proses penyembuhan ini. Selain itu, cairan yang dikeluarkan membuat kulit di sekitarnya terpapar bakteri serupa, meningkatkan risiko pembentukan jerawat tambahan.

Jerawat yang terbuka juga dapat menyebabkan jaringan parut permanen. Sebisa mungkin, hindari memencet jerawat. Jika terkuras, jaga kebersihan area tersebut.

Cuci dua kali sehari, dan sekali lagi setelah berkeringat

American Academy of Dermatology merekomendasikan agar orang mencuci dua kali sehari dan sekali lagi setelah berkeringat. Membiarkan keringat di kulit dan membiarkannya mengering dapat memperburuk jerawat, jadi yang terbaik adalah mencuci kulit sesegera mungkin setelah berkeringat.

Hindari menyentuh wajah

Menyentuh wajah dengan tangan dapat menyimpan kotoran, minyak, dan bakteri ke kulit dan menyebabkan jerawat.

Melembabkan kulit wajah

Semua jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari pelembab setelah mencuci muka setiap hari. Menjaga kelembapan wajah dapat membantu mengontrol produksi sebum dan mencegah kerusakan dari elemen luar.

Pelembab yang paling efektif akan bervariasi dalam setiap kasus, tergantung pada jenis kulit orang tersebut. Siapa pun yang tidak yakin tentang pelembab apa yang cocok untuk mereka harus menghubungi dokter kulit.

Baca Juga: Perusahaan Maklon di Indonesia

Selalu pakai cream tabir surya

Sinar ultraviolet (UV) matahari merusak kulit. Mengenakan tabir surya setiap kali di luar ruangan dapat membantu melindungi kulit dari sinar berbahaya ini.

Fokus pada produk yang lembut

Orang yang membutuhkan perawatan ekstra untuk kulit mereka umumnya akan menemukan bahwa mereka bereaksi lebih baik terhadap produk lembut, yang cenderung tidak mengiritasi kulit. Produk yang biasanya mengiritasi kulit sensitif meliputi:

  • produk berbasis alkohol
  • toner
  • exfoliants
  • astringents

Versi lembut dan hipoalergenik dari produk ini memang ada. Namun, tetap penting untuk menguji area kecil kulit untuk reaksi sebelum menerapkan produk apa pun ke area yang lebih luas.

Hindari air panas

Mandi, mandi, atau mencuci tangan dan wajah dengan air yang sangat panas dapat mengeringkan atau merusak kulit. Orang yang melihat kulit kering setelah mandi dapat mencoba menggunakan air hangat sebagai gantinya.

Gunakan perangkat pembersih yang lembut

Pengelupasan kulit penting untuk membantu membersihkan sel-sel kulit mati, tetapi beberapa perangkat bisa terlalu abrasif dan sebenarnya dapat membahayakan kulit. Alat seperti waslap, spons kasar, atau loofah mungkin terlalu kasar untuk kulit, menyebabkan kerusakan dan iritasi.

Beberapa pilihan rumit ada, seperti sikat pembersih lembut. Atau, menggunakan jari bersih untuk memijat pembersih ke wajah dapat membantu mencegah iritasi ekstra.

Gunakan obat topikal

Obat topikal dapat membantu orang dari semua jenis kulit mengendalikan jerawat. Beberapa produk obat yang berbeda tersedia, termasuk:

  • benzoil peroksida, dengan atau tanpa bahan lain, seperti antibiotik
  • asam salisilat
  • retinoid topikal, seperti tretinoin
  • dapson, yang merupakan kombinasi anti-inflamasi dan antibiotik
  • asam azelaic untuk membuka pori-pori

Tetap terhidrasi

Semua sel dalam tubuh membutuhkan air. Sel-sel kulit paling dekat dengan lingkungan dan, oleh karena itu, mungkin lebih berisiko kehilangan kelembapannya karena unsur-unsurnya. Minum air sepanjang hari dapat membantu menjaga sel-sel kulit tetap sehat.

Makan makanan yang sehat

Makan makanan sehat yang kaya nutrisi penting bagi tubuh secara keseluruhan, dan mungkin juga bermanfaat bagi kulit. Makan makanan yang kaya akan berbagai makanan nabati dan sumber protein tanpa lemak dapat membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Orang yang ingin menjaga kulitnya tetap bersih mungkin juga ingin menghindari makanan tertentu yang menyusahkan, seperti susu sapi. Sebuah tinjauan di Clinical Nutrition menemukan hubungan positif antara susu dan jerawat. Beberapa percaya bahwa hubungan ini disebabkan oleh senyawa pertumbuhan dan hormon yang dikandung susu.

Namun, setiap orang mungkin memiliki makanan pemicu berbeda yang memperburuk gejalanya.

Pertimbangkan produk obat untuk jerawat

Sementara produk alami yang lembut dapat membantu mengelola kulit dan dapat membantu mengatasi jerawat kecil, orang dengan jerawat yang persisten atau parah harus menemui dokter kulit untuk mendiskusikan pilihan pengobatan. Pilihan obat akan bervariasi tergantung pada jenis kulit dan tingkat keparahan jerawat.

Gunakan produk riasan alami

Terkadang, produk riasan dapat memperburuk jerawat. Beralih ke produk riasan alami atau yang dirancang untuk membiarkan pori-pori bernafas dapat membantu mengurangi jerawat akibat riasan.

Penting juga untuk menghapus semua riasan setiap malam dan membersihkan kuas atau alat rias secara teratur.

Perubahan gaya hidup

Meskipun buktinya sebagian besar bersifat anekdot, beberapa perubahan gaya hidup juga dapat membantu menjaga keseimbangan kulit. Perubahan gaya hidup yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  • mendapatkan istirahat malam penuh setiap malam
  • hindari merokok
  • mengurangi atau menghilangkan kelebihan gula
  • hindari gorengan

Mengurangi stres

Penting juga untuk meminimalkan stres bila memungkinkan. Penulis artikel tahun 2017 mencatat bahwa jerawat vulgaris adalah salah satu gangguan kulit inflamasi yang paling umum.

Mereka juga menyoroti hubungan antara stres dan jerawat, menyatakan bahwa stres dapat meningkatkan senyawa inflamasi dalam tubuh. Perasaan marah atau stres emosional yang kuat dapat menyebabkan jerawat atau memperburuk gejala.

Karena itu, penting untuk menemukan cara mengurangi stres untuk membantu mengendalikan jerawat. Teknik manajemen stres meliputi:

  • berolahraga secara teratur
  • mendapatkan pijatan atau akupunktur
  • terlibat dalam praktik menenangkan, seperti meditasi atau latihan pernapasan
  • melakukan aktivitas gerakan, termasuk yoga dan tai chi

Kegiatan mengurangi stres juga akan bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin senang berjalan-jalan di hutan sementara yang lain mungkin lebih suka menulis di jurnal, misalnya.

Kunjungi Juga: Maklon Kosmetik Jakarta

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *