Ukuran Otak Wanita Lebih Kecil dari Pria

otak wanita dan pria

Ukuran otak wanita dikenal lebih kecil dari pria apalagi dalam urusan perkembangan motorik, namun hal ini rupanya tak menampakkan adanya perbedaan kecerdasan. Studi menemukan alasan dari misteri hal yang demikian, di mana otak wanita kapabel berprofesi lebih efisien dibandingi otak pria.

Pada wanita, hippocampus atau komponen otak yang memainkan peran sentral dalam menaruh ingatan, kecerdasan dan emosional, rupanya memerlukan daya yang lebih sedikit. Kecuali itu, hippocampus pada wanita kapabel mengatasi tugas dengan bagus sedangkan cuma melibatkan sedikit sel-sel otak, di mana hal ini tak terjadi pada pria.

Mulanya, peneliti menilai hippocampus pria dan wanita dengan memakai teknologi pemindai yang canggih. Tujuannya ialah untuk menyelidiki misteri kenapa wanita yang volume otaknya 8 persen lebih kecil dibandingi pria, tak menampakkan perbedaan dalam kecerdasan.

Penelitian menampakkan bahwa pada pria dengan hippocampus yang lebih besar, lebih padat dengan sel-sel otak, mempunyai keterampilan kognitif yang lebih tinggi. Meskipun pada wanita, bagaimanapun, hippocampusnya lebih kecil dan tak menampakkan kekerabatan yang terang antara ukuran dan daya kerja.

Studi hal yang demikian dikerjakan oleh para ahlis syaraf dari University of California, Los Angeles, dan sebagian universitas di Madrid, Spanyol yang melibatkan 59 wanita dan 45 pria yang berusia antara 18 hingga 27 tahun untuk menjalani bermacam percobaan psikologi.

Hasil penelitian menampakkan bahwa wanita lebih unggul dari pria dalam hal penalaran induktif, kesanggupan melacak perubahan keadaan dan pada sebagian keterampilan numerik. Tapi pria lebih unggul dalam hal kecerdasan spasial dibanding wanita.

Dari hasil penelitian hal yang demikian, peneliti bisa mengkaji bahwa otak wanita berprofesi lebih efisien dibandingi pria, memerlukan neuron yang lebih sedikit dan membutuhkan daya yang lebih sedikit dikala mengatasi tugas.

Peneliti menyuarakan bahwa neuron dalam otak wanita mempunyai koneksi yang lebih bagus dari pria. Sebab ukuran otak wanita yang lebih kecil, jarak antar sel-sel sarafnya menjadi lebih dekat dan lebih gampang diaktifkan, sehingga otak wanita akan berprofesi lebih efisien dan tak memerlukan lebih banyak daya untuk berdaya upaya.

 

 

 

Artikel Tentang Cara Meningkatkan Konsentrasi : https://www.brainfit.co.id/cara-meningkatkan-konsentrasi/