Akankah Payung Geulis Jadi Suvenir Pernikahan Kahiyang Ayu?

Akankah Payung Geulis Jadi Suvenir Pernikahan Kahiyang Ayu?
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman terlambat mengenal informasi agenda diaplikasikannya payung geulis sebagai cenderamata pernikahan buah hati Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu. Dia baru mendengar informasi itu dari pemberitaan media kemarin. Dia merasa berbangga dikala salah satu kerajinan khas Tasikmalaya yaitu payung geulis diakui Presiden Jokowi sampai sesuai diaplikasikan sebagai cenderamata. Rencananya, pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution akan dilangsungkan pada 8 November 2017.

Baca : Souvenir payung

“Aku amat berbangga. Aku baru lihat (informasi) dua hingga tiga hari kebelakang. Hanya tantangannya ini patut betul-betul sebab butuh 1.000 payung, gampang-mudahan ini dapat dipenuhi oleh pengrajin,” katanya pada wartawan, Senin (2/10). Dia mengevaluasi citra payung geulis dapat kembali naik pamor kalau agenda pengaplikasiannya sebagai cenderamata itu benar terjadi. Tidak cuma perajin, menurutnya warga Tasik akan ikut serta merasa berbangga. “Sebab ini akan menjadi pujian menjadi souvenir, apalagi ini Presiden. Rupanya kerajinan Tasikmalaya menjadi souvenir Pak Presiden. Mereka (tetamu undangan, Red) akan bertanya ini dari mana? Pasti pamor Tasik terangkat, ” ujarnya.

Dia menjanjikan Pemerintah Kota Tasikmalaya memberikan dukungan kepada perajin. Tujuannya agar cara kerja produksi payung geulis tidak lagi terkendala bagus dari segi kelengkapan ataupun modal. “Nanti dari Indag menghubungi, apa yang dapat kami support biar ada percepatan produksi sebab ini bicara kwalitas,” sebutnya. Sebelumnya, perajin payung geulis di pusat payung geulis Payingkiran, Indihiang, Kota Tasikmalaya, Warsoni mendapat orderan payung geulis sebanyak 1.000 payung untuk cenderamata pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Melainkan sayang Warsoni belum menyetujui permintaan itu sebab orderan terlampau banyak dengan tenggat waktu mepet cuma sebulan saja. Sedangkan kecakapan produksinya cuma sekitar 500 sampai 600 payung per bulan. Warsoni sempat pula menyuarakan susahnya memperoleh jalan masuk modal. Karena selama ini pemerintah cuma memberi bantuan kelengkapan.

 

 

Berita terkait : Thumbler promosi